Komputer Mau Hidup Tetap Tidak Mau Booting | Techno Blog

Setelah ditekan tombol power, komputer hidup. Indikator power-on juga terlihat nyala, tetapi setelah ditunggu sekian waktu sistem operasi komputer tidak segera aktif dan komputer terhenti pada pertengahan proses.

Solusi :
Perhatikan dengan baik, apakah kondisi layar monitor gelap dan komputer bunyi beep secara berulang-ulang. Jika ya, berarti itu pertanda bahwa Anda akan segera dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada komputer Anda. Bunyi beep tersebut merupakan pertanda bahwa BIOS yang terpasang pada motherboard melakukan POST (Power On Selft Test) ketika komputer dinyalakan dan berhasil mendeteksi adanya kesalahan.

Dengarkan bagaimana bunyi beep yang terdengar pada speaker Anda. Seperti contoh, dibawah ini merupakan daftar bunyi beep yang terjadi pada BIOS model AWARD yang menunjukan kode kondisi pada komputer Anda.

Daftar Beep Dan Maksudnya

NoTanda BeepKondisi
1Beep 1 kaliTanda bahwa kondisi komputer baik (normal)
2Beep 1 kali panjangTerdapat problem dimemory
3Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendekKerusakan dibagian VGA
4Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendekKerusakan diDRAM Parity
5Beep terus menerusKerusakan dimodul memory atau memory video

Jika yang terjadi adalah Beep nomor 4 atau 5, mungkin Anda harus segera membawa komputer Anda ketempat servis. Tetapi jika yang muncul adalah nomor 2 atau 3, Anda dapat mencoba untuk mengatasi kerusakan tersebut dengan tindakan-tindakan sebagai berikut.
  1. Matikan kembali komputer Anda, matikan stabilizer, cabut semua kablenya, kemudian buka casing-nya.
  2. Jika yang terdeteksi adalah Beep dengan tanda kerusakan memory, Anda dapat melakukan pengecekkan terhadap kartu memory apakah sudah tertancap dengan benar pad slot-nya. Karena ini sering kali menjadi penyebabnya. buka penguncinya, cabut kartu memory-nya, kemudian tancapkan kembali dengan benar. Jangan lupa untuk menmengunci kembali slot tersebut. Pastikkan juga kartu memori Anda dalam keadaan baik, tidak cacat dan tidak cacat dan tidak rusak.
  3. Jika yang terdeteksi adalah beep dengan tanda kerusaklan VGA, Anda dapat memeriksa kembali posisi VGA pada slot-nya apakah sudah terpasang dengan benar. Jika perlu, buka dan pasang kembali VGA Card tersebut.
  4. Sekaligus saja , pastikan kartu-kartu dan kabel-kabel didalam PC tersambung dengan baik, dan tidak mengalami cacat atau bahkan putus sambungannya. Prinsipnya, agar komputer berjalan dengan baik, maka semua komponen harus berada dalam posisi yang benar dan dalam kondisi baik pula.
  5. Sekaligus Check bahwa motherboard Anda tidak tergores. jalur-jalur tembaganya masih bagus dan tidak terpotong oleh sayatan benda tajam.
  6. Jika Anda yakin bahwa RAM dan VGA Card seudah terpasang dengan benar, nyalakan kembali komputer tersebut.
  7. Bila ternyata kasusnya masih sama, cobalah untuk menukar lokasi kartu memori atau VGA ke slot yang lain. Bisa juga slot-nya yang rusak. kemudian lakukan test dengan menyalakan kembali komputer Anda.
Perlu diketahui bahwa kode beep pada setiap merk BIOS memang berbeda-beda dan terkadang tidak selamanya konsisten dalam menyajikan informasi. tetapi sampai saat ini metode tersebut paling umum digunakan orang untuk mendiagnosa komputer tanpa harus membukanya menggunakan software diagnosa.
WordLinx - Get Paid To Click


Previous
Next Post »

Don't Forget To Comment Guys...... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment