Pengertian Routing | Techno Blog

Ada yang masih belum tahu apa yang dimaskud dengan Routing ??? sebenarnya routing merupakan proses dimana sesuatu dibawa dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Contoh riil sesuatu yang membutuhkan perutean adalah surat, panggilan telepon, perjalanan kereta api dll. Pada suatu jaringan router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan trafik jaringan.


Untuk dapat melakukan perutean, suatu router atau entitas apapun yang membangun routing, melakukan beberapa langkah berikut ini :
  • Mengetahui alamat tujuan ke tujuan (alamat) mana sesuatu yang diretukan dikirim.
  • Mengenali sumber-sumber informasi perutean dari sumber-sumber (router-router lain) mana saja, suatu router dapat memepelajari jalur-jalur menuju tujuan.
  • Menentukan rute-rute atau jalur-jalur mana saja yang mungkin dapat dilalui untuk mencapai alamat tujuan.
  • Memilih jalur atau rute terbaik untuk menuju alamat tujuan yang dimaksud.
  • memelihara dan memverifikasi informasi routing, apakah jalur-jalur ke tujuan yang telah diketahui masih berlaku dan benar.
Pada suautu jaringan komputer, touter mempelajari informasi routing dari sumber-sumber routingnya yang terletak didalam tabel routing (routing table). Router akan berpedoman pada tabel ini untuk menyatakan port mana yang digunakan mem-forward paket-paket yang dtujukan kepadanya.
  • Jika jaringan tujuan terhubung langsung dengan router, maka router sudah mengetahui port mana yang digunakan untuk mem-forward paket.
  • Jika jaringan tujuan tidak terhubung langsung dengan router, maka router harus mempelajari rute terbaik untuk mem-forward paket ke tujuan.
Informasi rute ini dapat dipelajari oleh router dalam 2 metode, yaitu :
  1. Dimasukkan secara manual oleh administrator jaringan, disebut static routes.
  2. Dikumpulkan melalui proses-proses dinamis yang berjalan dijaringan, tersebut sebagai Dynamic Routes.
WordLinx - Get Paid To Click


Previous
Next Post »

Don't Forget To Comment Guys...... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment