Perbedaan Windows 32 Bit Dengan Windows 64 Bit

Ketika akan mendownload suatu program untuk Windows, kadang-kadang kita akan dihadapkan pada pilihan versi Windows yang digunakan dan juga pilihan edisi 32-bit atau 64-bit. Sebagai contoh adalah pilihan download untuk Windows Internet Explorer RC 1 yang baru-baru ini dirilis, masing-masing versi Windows disertai pilihan tanpa keterangan (edisi 32 bit) dan dengan keterangan 64-bit. Pertanyaan yang mungkin timbul ketika akan mendownload adalah seperti yang ditanyakan ezoel pada komentar tulisan Windows Internet Explorer RC 1 :
Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.
Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.
Pilihan yang tepat dalam memilih edisi software adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software-software yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.
Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit salah satu cara yang dapat dilakukan berdasarkan versi Windows yang digunakan yang pada dasarnya sama yaitu melihat informasi di Control Panel — System :
Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilih Properties (atau dari Control Panel – System). Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional x64 Edition. Jadi jika Windows XP 64-bit ada tambahan keterangan x64 Edition.
Masuk ke Control Panel – System dan lihat informasi System type di bawah System, untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan 32-bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan 64-bit Operating System.
Masuk ke Control Panel - System, pada tab General perhatikan pada bagian system, tuntuk Windows Server 2003 32-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows Server 2003 Standart Edition, sedangkan untuk Windows XP 64-bit  akan tertulis Microsoft Windows Server 2003 Standart x64 Edition.
WordLinx - Get Paid To Click


Previous
Next Post »

Don't Forget To Comment Guys...... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment