Kenapa Komputer Harus Di Shutdown....??? | Techno Blog

Bila kita terlalu sering mematikkan komputer dengan cara mematikan hubungan listrik ke kompouter tanpa melakukan proses shutdown, ada beberapa kendala yang akan terjadi :
  1. Pada saat shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (yang terpasang pada CPU Anda) dan software serta data yang dipakai atau yang didelete. Kalau kita memetikan komputer secara langusng, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat mengadakan registrasi, shingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat mengadakan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang ditetapkan.
  2. Pada saat proses shutdown, processor memberikan perintah kepada BIOS untuk menghentikan segala pekerjaan-pekerjaan komponen, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan langsung maka komponen komputer secara mendadak mati tanpa pemutusan arus secara normal sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.
  3. Pada saat proses shutdown Fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor , jika kita mematikan  komputer secara langsung, maka pendingin processor tidak b ekerja secara normal maka lama-kelamaan processor akan rusak.
  4. Pada saat  proses shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, jika kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory bisa rusak
  5. Pada saat proses shutdown harddisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan processor serta menyalin data komponen serta software kedalam registrasi komputer, kemudian head harddisk akan kembali keposisi awal (keposisi tidak membaca harddisk), jika kita mematikan komputer secara langsung maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, juga posisi head harddisk berada ditengah-tengah silinder harddisk, sehingga pada saatdihidupkan kembali head komputer dapat merusak silinder harddisk sehingga terjadi Bad sector harddisk, lama-kelamaan akan menyembabkan kerusakan pada harddisk.
Itu sebabnya mengapa pada saat proses shutdown komputer lama untuk mati. Oleh sebab itu hendaknya jika mematikan komputer harus melakukan proses shutdown bila kita tidak ingin ada masalah kerusakan pada system komputer kita baik softwarenya maupun hardwarenya.
WordLinx - Get Paid To Click


Previous
Next Post »

Don't Forget To Comment Guys...... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment