Tips Cara Merawat Komputer | Techno Blog


Ada beberapa tipz yang perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan tahan lama, diantaranya adalah :
  1. Sediakan UPS, sering kali tegangan listrik naik-turun atau bahkan mati secara tiba-tiba akan berdampak kurang baik pada PC Anda, terutama PC yang sudah lama akan mengakibatkan rusakya Power Supply (PSU), rusaknya harddisk, bahkan motehrboard. Terutama harddisk, Harddisk perlu kestabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik amati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya Track Tercordingnya maka timbullah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jikakita check lewat scandisk. Bad sector tidak bisa di isi file untuk operasional system maupun menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas harddisk itu sendiri. Karena itu diusahakan agar disediakan UPS atau Eternal battery sebagai pengaman bila terjadi mati lampu secara tiba-tiba sehingga komputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk memetikan komputer sesuai dengan prosedur.
  2. Stavolt, untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turunya tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt didalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizerm sehingga kalau tegangan listrik naik-turunpun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.
  3. Bersihkan dari debu, biasanya CPU tower ditaruh disamping meja user, diletakkan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, debu sebagai penghantar panas, sehinggga apabila komponen CPU, misalnya Processor walau tersembunyi debu masih bisa masuk juga, memori (RAM) sering kali terkena debu dan kerja komputer jadi lemot, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep. Maka Check dan segera bersihkan CPU Anda.
  4. Hindari terkena air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram air sehingga terjadi konsleting. Jika terjadi konsleting maka kemungkinan untuk pulih kembali sangat keil sekali.
  5. Voltase, untuk di Indoensia voltase memakai 220 Volt, tapi untuk komputer produk Jepangmasih 110 Volt, sehingga bila dinyalakan komputer produk jepang, jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltasenya dari 220 ke 110 volt.
  6. Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa menganggu performa CPU juga monitor.
  7. Demi keamanan data serta system komputer, Pastikan sudah ada Antivirus dan selalu di-Update
  8. Dan jangan lupa sediakan program utility tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet.
SEMOGA BERMANFAAT
WordLinx - Get Paid To Click


Previous
Next Post »

Don't Forget To Comment Guys...... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment